Jika Anda merupakan salah satu pecinta olahraga, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Andy Murray. Ia merupakan seorang matan juara dunia dalam olahraga tennis yang memiliki kebangsaan Inggris. Lalu, seperti apasih profil lengkap dari pemain tenis Andy Murray ini, mulai dari kehidupan pribadi hingga perjalanan karirnya? Simak ulasan selengkapnya untuk Anda.

Kehidupan Pribadi Andy Murray

Pemain tenis Andy Murray memiliki nama asli Sir Andrew Barron Murray. Ia merupakan seorang petenis dunia yang dikenal memiliki kebangsaan dari Inggris Raya. Lahir pada 15 Mei 1987 di Glasgow, Skotlandia. Selain itu, Andy Murray memiliki tinggi 190 cm. Ibu dari Andy Murray bernama Judy Murray dan ayahnya bernama William Murray.

Memiliki seorang saudara laki-laki bernama Jamie Murray, sejak kecil mereka telah diajarkan oleh ibu mereka yang berprofesi sebagai mantan pemain tennis yang kemudian menjadi pelatih tenis untuk mendalami olahraga tenis sejak usia 3 tahun. Itulah yang membuat cinta Murray untuk olahraga tennis ini menjadi berkembang.

Pemain tenis Andy Murray kemudian memulai kompetisi tenis pertamanya pada usia 5 tahun dan mulai memperoleh lawan orang dewasa pada usia 8 tahun. Orang tua Andy Murray sendiri bercerai pada usianya yang menginjak 10 tahun. Ibunya sendiri masih menjadi pelatihnya hingga Murray berusia 12 tahun.

Setelah berusia 12 rahun, ia pindah ke Spanyol. Di negara ini ia bersekolah di Schiller International School dan berlatih dibawah pelatih Pato Alvarez. Pada awalnya ia berubah menjadi tertarik pada olahraga sepak bola, akan tetapi setelah itu, ia memutuskan untuk kembali menekuni dunia tenis hingga mencapai taraf tenis profesional.

Perjalanan Karir Pemain Tenis Andy Murray

Perjalanan karir profesional pemain tenis Andy Murray sendiri benar-benar dimulai pada tahun 2005 tepatnya pada bulan April, dimana ia melakukan penampilan atau pertandingan pertamanya yang benar-benar memasuki dunia tenis profesional. Ditahun itu pula ia memiliki ranking dunia ke 407.

Kemudian di akhir tahun 2005, ia mampu melesat naik hingga ke peringkat 64 pemain tenis dunia pria terbaik. Berlanjut pada tahun 2006, pemain tenis Andy Murrai mampu mengalahkan Roger Frederer pada turnamen “The Cincinnati Master”. Dan pada tahun yang sama ia mampu mengalahkan pemain tenis Andy Roddick dan memperoleh gelar kejuaraan ATP nya yang pertama pada “SAP Open”.

Perjalanan karir dari pemain tenis Andy Murray masih berlanjut hingga tahun 2009, yang mana pada sat itu ia mampu menembus 4 besar sebagai pemain tenis pria terbaik di dunia. Walaupun begitu perjalan karir nya tidak mudah larena untuk sampai di 4 besar ia masih harus mengalahkan pemain tenis yang berbakat lain seperti Roger Frederer, Rafael Nadal, dan juga Novak Djokovic.

Pada tahun 2012, Andy Murray mendapatkan pencapaian gemilang ketika ia berhasil lolos ke babak final Wimbledon, akan tetapi pada saat final itulah ia harus menerima kekalahan dari rivalnya yaitu, Roger Frederer. Namun, kekalahan itu tidak berlangsung lama karena di tahun yang sama tepatnya pada bulan Agustus, ia akhirnya berhasil mengalahkan Roger Frederer pada gelaran ‘London Olympic Games” dan berhasil mendapatkan gelar juara medali emas pada tenis pria.

Di tahun yang sama pun yaitu, tahun 2012 pemain tenis Andy Murray mampu memenangkan gelar ‘Grand Slam’ pertamanya setelah mengalahkan Novak Djokovic pada petarungan sengit di gelaran “US Open”. Pencapaian Andy Murray kemudian berlanjut di tahun 2013 dimana ia berhasil menjadi orang Inggris pertama setelah 77 tahun yang memenangkan tenis tunggal putra pada gelaran Wimbledon setelah mengalahkan Novak Djokovic lagi.

Sayangnya, di tahun 2013 juga pemain tenis Andy Murray harus menjalani operasi serius akibat cidera punggung yang dialaminya. Yang mana operasi ini masih menghantui peforma terbaiknya hingga tahun 2014 yang membuat karirnya sedikit menurun pada tahun 2014 tersebut.

Pada bulan Maret tahun 2015, pemain tenis Andy Murray merayakan permainan ke 500 dalam sepanjang karir profesionalnya di “Miami Open”. Akan tetapi, hingga akhir tahun 2015, Andy Murray tidak bisa memenangkan gelar yang bergengsi akibat masa pemulihan dari operasi yang telah ia jalani di tahun 2013 silam.

Akan tetapi, peforma terbaik pemain tenis Andy Murray kembali menanjak di tahun 2016 hingga tahun 2018 dengan kembali memenangkan berbagai penghargaan bergensi seperti Wimbledon, kemudian Rio de Janeiro Olympic Games, dan juga US open. Walaupun di rentang tahun 2017 hingga 2018 ia juga masih harus bertarung dengan beberapa cidera yang ia alami. Akan tetapi peforma terbaiknya masih bisa ia tampilkan dengan baik.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai data hk profil mantan juara dunia pemain tenis Andy Murray. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi pemain tenis profesional juga?